Wednesday, October 5, 2016

KIPAS ANGIN YANG DIPAKAI MARK ZUCKERBERG UNTUK SERVER FACEBOOK AGAR TIDAK PANAS

Informasi Teknologi : Sebagian besar dari kamu, pasti ingin tahu seperti apa sih pembangunan di balik media sosial facebook ? Ya.media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini memang paling populer dia antara semua media sosial yang ada sekarang.



Nah, pada Zaman sekarang akhirnya Mark membiarkan rahasianya ditelesik oleh semua orang, dan akhirnya kita bisa mengetahui seberapa hebat Teknologi data center yang dipakai Facebook untuk membuat media sosial itu tetap stabil.

Untuk membuat Facebook tetap stabil, Mark Zuckerberg mempelihatkan seperti apa bangunan data center Facebook yang berada di Lulea, Swedia. Dalam posting-annya, Mark berkata bahwa bangunan ini merupakan bagian terpenting dari infrastruktur global Facebook. Bahkan, bangunan ini menggunakan berbagai sumber daya alam lokal untuk meningkatkan efesiensi dan menghemat daya.

Menariknya, Facebook menggunakan beberapa kipas besar untuk menarik udara alami dari luar. Hal ini ditunjukan medinginkan ribuan server yang memenuhi dalam gedung data center ini mejaga suhu agar tetep dibawah 50 deraat setiap harinya. Selain itu, selusin tanaman hydro-electric sudah ditanamkan di sungai terdekat untuk dapat menyuplai sumber daya yang ampuh dan akurat.

Data Center Facebook memiliki tingkat efisiensi mencapai lebih dari 10 persen serta menggunakan sumber daya lebih hemat hingga 40 persen dari data center tradisional pada umumnya. Gila ya teknologi Facebook? Mark Zuckerberg benar-benar menggunakan alam untuk menjaga setiap hardware di dalamnya tetap diingin. Bahkan, Microsoft kini sedang menguji sebuah data center dibawah laut untuk menggunakan air laut sebagai pendinginnya!

Selain Facebook dan Microsoft, apakaj masih ada lagi perusahaan yang mengembangkan perpaduan alam untuk mencipatan tingkat efesiensi yang tinggi? Jika ada beritahu Jaka pada kolom komentar ya.

0 comments :

Post a Comment