Thursday, December 8, 2016

INFORMASI DIMEDIA SOSIAL INDONESIA REGULATOR MINTA FILTER


Informasi Teknologi : Ranah internet  saat ini sudah menjadi media komunikasi, karena semakin mudahnya orang - orang untuk saling terhubung dan mendapatkan informasi.

Tapi di sini sisi lain, ada sejumlah orang menyebarkan berita bohongan di edia sosial untuk menyesatkan orang lain atau menyebarkan kebencian, terutama pada momen khusus seperti pemilik kepala daerah.

Pengamat kebijakan Publik, Agus Pambagyo melihat fungsi media sosial untuk berinteraksi semakin besar, terutama karena kini orang bisa dengan mudah menyebarkan informasi.

Untuk menjaga keharmonisan dan tidak hanya saat Pikada, Agus menyarankan pemerintah agar lebih memperhatikan penyaringan berbagai informasi yang ada di media sosial. Jangan sampai terjadi perselisihan karena keberagaman respon masyarakat hingga tingkat pendidikan.

Regulator harus memperhatikan hal ini, Mereka harus bisa mendidik masyarakat yang sekarang jauh kebih sosial, karena saat ini adalah eranya media sosial.Apalagi masyarakat sudah bisa menyaring informasi sendiri, sedangkan tingkat pendidikan berbeda-beda.

Agus berharap regulator memiliki tool sendiri untuk menyaring Informasi dan jalan keluar untuk hal ini bisa diberikan oleh pakar medis. untuk menekankan betapa penting penyaringan informasi yang sangat penting. terutama terkait isu SARA . jangan sampai masyarakat terhasut oleh informasi yang menyebarkan kebencian.

Masyarakat bisa menelan begitu saja informasi, apalagi jika ada unsur SARA di dalamnya dan itu adalah hal yang mengerikan, kita harus mencari tahu bagaimana melakukan filter, tanpa harus menutup jalur komunikasi dan ini adalah hal yang sulit.

0 comments :

Post a Comment