Thursday, November 10, 2016

ADA LIMA CARA AGAR BATERAI AWET DAN TAHAN LAMA


Baterai yang di-charge ulang, baik baterai smartphone, tablet, atau pun laptop, memiliki batas usia berbeda-beda. Anda bisa memperpendek atau memperpanjang usia tersebut, tergantung cara merawatnya.
Ada banyak tip yang beredar diranah maya soal isu ini. Kebanyakan menyarankan pengguna lebih teratur memakai daya agar baterai tak bekerja terlalu keras.

Padahal, pengguna tak perlu melulu memanjakan baterai seperti emas atau peliharaan kesayangan.tips yang simpel agar baterai awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun , sebagaimana dihimpun oleh Informasi teknologi.

1.Pertama harus perhatikan siklus pengecasan.Beberapa perangkat menunjukkan informasi kesehatan baterai pada opsi penyetelan atau Settings. Di situ tertera berapa kali siklus isi ulang daya baterai hingga performanya memburuk.

Apple merupakan salah satu vendor yang terbuka soal informasi siklus isi ulang baterai. Pada lini iPhone,dibutuhkan 500 kali siklus isiulang daya hingga performa baterai turun menjadi 80 persen dari kondisi awal. Lama-kelamaan persentase itu akan semakin turun. 

Maka dari itu Anda sebaiknya tak membuang-buang jahat siklus isi ulang daya baterai jangan memasang dan mencabut charge jika tak perlu.dan Jika Anda memutuskan untuk menge-charge, jangan mencabutnya ditengah-tengah sebab, itu akan menyumbangsatu siklus isi ulang, padahal baterai belum terisi penuh.

2.Gunakan alat charge berkualitas satu kepala charge dengan banyak cabang kabel memang praktis dibawa ke mana-mana. Anda bisa mengisi ulang daya beberapa perangkat sekaligus tanpa membawa banyak kepala charge.Namun perlu Anda ketahui bahwa pasokan daya ke batu baterai perangkat elektronik harus stabil.Menghubungkan satu kepala charge dengan banyak kabel akan membuat aliran daya tak stabil, bisa tiba-tiba kecil atau besar.
Jika pun Anda harus terpaksa menggunakan alat charge dengan kabel banyak pastikan Anda membeli aksesoris itu dari brand yang kualitasnya sudah teruji.

3.Perhatikan temperatur saat nge-charge temperatur dalam ruangan sekitar 20 derajat celcius atau 70 derajat fahrenheit adalah kondisi terbaik untuk mengisi ulang baterai perangkat elektronik.Jangan mengisi ulang bateraidi bawah 0 derajat celcius atau di atas 45 derajat celcius.
Kondisi demikian bisa serta-serta merta merusak fungsi batu baterai secara permanen. Lebih baik anda membiarkan ponsel mati karena kehabisan daya dari pada harus mengisinya di tengah temperatur ekstrem.

4.Hindari stres fisik perangkatMenjatuhkan atau membanting perangkat elektronik tak cuma membuat fisiknya lecet.Performa baterai yang tersemat di dalam ponsel juga bisa terpengaruh.
Pasalnya tamparan keraas dapat membayarkan atau mengeroposkan kandungan kimia yang tersimpan dalam baterai.

5.Jangan lama-lama tinggalkan perangkat dalam kondisi baterai penuh.Jika Anda ingin bepergian dan harus meninggalkan perangkat elektronik dalam waktu lama pastikan baterai yang Anda tinggalkan tak penuh kondisi paling baik adalah dalam keadaan baterai terisi 50 persen. 
Selain itu tetap simpan ponsel di temperatur normal. HAl ini bisa membuat baterai berusia langgeng meski tak digunakan dalam waktu lama.
Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda implementasikan untuk merawat baterai.pada akhirnya, baterai juga punya masa pensiun. Namun setidaknya anda bisa memanfaatkannya hingga pemakaian maksimal.






0 comments :

Post a Comment