Tuesday, November 22, 2016

MENDETEKSI HOAX DAPAT MENGGUNAKAN CARA YANG MUDAH


Di Internet era ada berbagai macam informasi yang dapat kamu temukan dengan mudah. Hal ini disalah gunakan oleh sebagian orang untuk menyebarkan berita bohong hoax.

Misalnya Facebook, bukan hal yang aneh jika banyak penggunanya yang membagikan orang tautan Haox dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya.

Bagi sebagian pihak, hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghasut atau memprovokasi orang lain Namun ada juga yang mengejar keuntungan dengan menarik sebanyak - banyaknya pembaca yang untuk mengkliknya.

Jika menyebarkan hoax dapat merugikan pembacanya. Dibeberapa negara, termasuk Indonesia, sudah ada undang - undang yang khusus mengatur pembayaran informasi dan transaksi elektronika.

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui cara mengidentifikasi berita sebelumnya dan membagikan di media sosial atau aplikasi perpesanan.Nah sebagaimana informasi teknologi sekarang ini. kita wajib ketahui untuk mendeteksi apakah suatu berita termasuk hoax atau bukan .

Cross Check Judul berita provokatif yang tak sedikit muncul di internet menggunakan mesin pencari dan Google untuk memastikan apakah berita yang Anda baca, tertulis atau di terbitkan oleh situs berita lainnya

Cek URL situs web berita itu atau URL-nya, jika berita yang kamu baca berasal dari sistus yang memiliki alamat URL berbeda.com.de.terakhir cek foto di dalam artikel berita. Terkadang pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

Jika Anda ingin tau caranya,download atau screenshot foto di artikel itu. lalu buka Google Images di browser dan seret (drag) foto itu ke kolom pencarian Google Images. periksa hasil untuk mengetahui sumber dan caption asli dari foto tersebut.



0 comments :

Post a Comment