Friday, September 2, 2016

5 TATA CARA MENGHEMAT KUOTA INTERNET

Apakah anda yaitu orang yang senantiasa boros dalam memakai kuota data internet pada Android?

Pastinya hal itu begitu mengesalkan, terlebih bila duit yang anda mengeluarkan untuk beli kuota data sifatnya terbatas.



Walau demikian, ada cara-cara berlebihan yang dapat dikerjakan supaya anda bisa menghemat pemakaian kuota data pada Android.

Di bawah ini lima panduan untuk irit kuota data internet anda di piranti Android.

1. Batasi Latar belakang Data 

Satu diantara langkah yang paling gampang untuk menghemat kuota data pada Android yaitu dengan membatasi latar belakang data.

Apakah itu latar belakang data? Latar belakang data bisa disimpulkan sebagai semua trafik internet yang jalan walau anda tidak memakai aplikasi. Umpamanya saja sinkronisasi e-mail, pembaruan feed, pembaruan widget cuaca, dan sebagainya.





Untuk membatasi latar belakang data, langkahnya yaitu dengan masuk ke Setting Data Usage Restrict Latar belakang Data.

Lalu anda dapat juga membatasi latar belakang data untuk setiap aplikasi. Langkahnya dengan masuk ke Setting Apps (tentukan aplikasi) serta batasi latar belakang data-nya.

Google juga dapat dibatasi latar belakang datanya. Hal semacam ini bakal bikin sinkronisasi account Google dengan hp berhenti, sekalian dapat menghemat pemakaian kuota data. Langkahnya dengan masuk ke Setting > ; Accounts > ; Google > ; tentukan account Google yang bakal dibatasi.


Nonaktifkan Auto Up-date Aplikasi

2. Nonaktifkan Auto Up-date Aplikasi 

Hal-hal lain yang bikin kuota data demikian cepat terkuras yaitu feature auto up-date aplikasi pada Google Play Store.

Untuk memastikannya, teliti pada Setting Google Play Store anda. Bila anda mengaplikasikan auto up-date untuk aplikasi memakai koneksi data tentunya hal semacam ini bikin kuota akan boros.

Oleh karenanya, yakinkan anda pilih auto up-date aplikasi pada Google Play Store memakai jaringan internet WiFi.



Langkahnya, masuk ke Google Play Store, tentukan Setting, lalu masuk ke pilihan teratas, yaitu Auto Up-date Apps. Yakinkan anda pilih Auto-update apps over Wi-Fi only.


3. Taruh Banyak Musik di Android, Janganlah Pakai Aplikasi Music Streaming 

Aplikasi music streaming seperti Spotify atau Joox rupanya kuras demikian banyak kuota data, sama juga dengan waktu anda memutar video livestreaming pada aplikasi YouTube serta semacamnya.

Karenanya, tambah baik anda memberi ruangan penyimpanan internal untuk menaruh banyak lagu di banding memercayakan aplikasi music atau video streaming.



Identifikasi Aplikasi Boros Baterai

4. Identifikasi Aplikasi yang Konsumsi Kuota Data 

Umumnya aplikasi di Android adalah aplikasi yang perlu tersambung dengan koneksi internet. Hal semacam ini termasuk juga satu diantara hal yang bikin penggunaan kuota data jadi boros.

Untuk membatasinya, sebaiknya anda mengidentifikasi bebrapa aplikasi yang mempunyai mengkonsumsi banyak kuota data. Bagaimana memastikan kalau aplikasi di smartphone konsumsi banyak kuota?

Langkahnya buka Setting lalu tentukan Data Usage. Disana anda dapat lihat aplikasi apa sajakah yang konsumsi paling banyak kuota.



Pada hp saya, tampak kalau aplikasi VIU yang menggunakan data 1, 59GB, Chrome sejumlah 1, 12GB, WhatsApp sejumlah 640MB, serta Instagram sejumlah 487MB.


Untuk menghemat kuota, anda mungkin meng-unistall bebrapa aplikasi yang tidak demikian diperlukan, umpamanya aplikasi VIU yang menggunakan demikian banyak kuota data saya.

5. Pakai Wi-Fi 

Alih-alih memakai kuota data dari operator, anda dapat memotong pemakaian kuota data dengan memakai koneksi internet Wi-Fi.


Umumnya hal semacam ini bisa dikerjakan saat anda ada di beberapa tempat umum seperti di kantor, coffee shop, atau pusat perbelanjaan. Dengan memakai Wi-Fi, automatis kuota data anda jadi lebih irit.

0 comments :

Post a Comment