Tuesday, September 20, 2016

BEBERAPA PEKERJAAN INI BAKAL DIGANTIKAN ROBOT DALAM 5 TAHUN


Bersamaan perubahan jaman, robot serta kecerdasan buatan (AI) jadi makin mutakhir. Dua tehnologi ini juga perlahan mulai dapat menukar fungsi manusia dalam beragam hal.

Dalam lima th. yang akan datang, robot serta AI bahkan juga diprediksikan telah dapat menggantikan beragam posisi di tiga bagian pekerjaan, yaitu customer service, logistik dengan truk, serta taksi.

Sekurang-kurangnya demikianlah menurut perkiraan instansi penelitian serta analisa Forrester yang ditulis oleh CNBC, seperti dirangkum KompasTekno, Sabtu (17/9/2016).

“Pada 2021, satu gelombang pergantian bakal diawali, ” tutur VP Forrester dalam perkiraan yang termuat dalam satu laporan itu.

“Solusi-solusi berbasiskan AI atau tehnologi kognitif bakal memotong pekerjaan-pekerjaan. Efek terbesarnya bakal merasa di transportasi, logistik, serta service pelanggan, ” lebih dia.

Fungsi robot serta AI yang menukar manusia di tiga ruang itu diprediksikan akan menggerus 6 % dari keseluruhnya lapangan kerja yang ada.

Forrester mencontohkan mobil tanpa ada sopir (swa-kemudi) yang dapat membuahkan efek meluas di industri transportasi serta otomotif.

Bakal perihal AI, pada 2021, program-program jenis Siri, GoogleNow, atau bot Facebook Messenger ini akan lebih pandai dalam mengetahui bhs serta tingkah laku manusia, hingga dapat mengatasi bermacam kondisi dengan tambah baik.

Sekarang ini, Facebook sudah menjalankan kian lebih 33. 000 bot di Messenger. Bot dipakai oleh perusahaan-perusahaan client Facebook untuk berkomunikasi dengan pelanggan lewat Messenger. Bot bahkan juga dapat ditata supaya terima pembayaran dari pelanggan dari dalam aplikasi.

Kekuatan kognitif diprediksikan bakal bikin AI makin banyak dipakai di bagian lain dalam tiga sampai lima th. yang akan datang.

0 comments :

Post a Comment